Semoga Hidayah-Nya Segera Datang

Liat keluar jendela kamar ane, langsung makam
Subhanallah, 3 minggu udah ane di Sendai ini. Begitu banyak pelajaran yang bener-bener ane dapet. Salah satunya bahwa orang Jepang itu sungguh 'islami', walaupun tidak secara keseluruhan seutuhnya keseharian mereka seperti itu. Banyak kebiasaan mereka yang baik-baik dan sesungguhnya itu sesuai dengan ajaran Islam. Ane coba share:

1. Salam
Kebiasaan orang jepang ketika berjumpa orang lain adalah memberi salam. Ya memang bukan salam seperti kita ummat muslim 'assalamu'alaikum' itu. Salam mereka 'Ohayoo', 'konnichi wa'. Jadi mereka begitu senang saling bertegur sapa dengan salam seperti itu. Begitu mengingatkan ane pada masa SMA ane (alah), di IC 'assalamu'alaikum' bertebaran dimana-mana. Ingin rasanya disini seperti itu, namun apa daya Islam minoritas disini, jadi kami hanya bisa ber-'assalamu'alaikum' dengan beberapa 'brothers' saja. Tapi diluar itu orang jepang senang sekali bersalam (versi mereka tentunya). Dan ada sepuh disini muslim orang asli jepang, 'assalamu'alaikum'-nya begitu 'murah' beliau tebarkan dimana-mana. Subhanallah.

2. Hormat pada orang lain
Islam mengajarkan kita saling menghormati bukan? Orang Jepang juga begitu. Mereka begitu hormat pada orang lain. Pada teman sejawat aja mereka gak sungkan untuk nunduk-nunduk ngucapin 'sumimasen'. Apalagi kalo terhadap orang tua dan sensei-nya, rasa hormat mereka subhanallah begitu tinggi. Apalagi kalo di jalan tuh, jauh beda dari di kampung ane yang 'siapa cepat dia dapat' disini mah kalo ngedipin lampu itu tandanya nyuruh orang yang di sisi lain jalan bukan minta dibukain jalan. Ya gitu, mengormati dan memberi..

3. Kerja keras
Disini memang banyak tempat 'hiburan' gitu. Tapi jangan harap ngeliat tempat-tempat itu terisi di hari-hari kerja. Orang Jepang kalo kerja total. Dan sistem kerja di Jepang itu tidak mengenal gengsi. Apa yang dikerjakan si anak buah sama dengan apa yang dikerjakan si-Boss. Bahkan menurut beberapa temen yang udah lama disini, tugas bos itu nambah 2 lagi. Bersihin kantor tempat kerja dia sama anak-anak buahnya dan bikinin kopi/ minuman lain buat dirinya dan anak buahnya. Subhanallah, di kampung ane (dimana?) mah kalo udah titelnya 'BOSS' mah jalannya aja digosok dulu sebelum diinjek. Ck, padahal semua manusia sama kan? Di Jepang bos dan anak buah tampilan luarnya gak beda, gengsinya gak menonjol.

4. Menjaga Janji dan tepat waktu
Wah orang Jepang kalo udah ngomong sekali aja itu janji dan insyaAllah ditepatin. Dan mereka begitu tepat waktu. Jangan sekali-kali ingkar janji atau terlambat dari janji. Bisa gak dipercaya lagi.

Subhanallah begitu banyak teladan dari orang-orang disini. Ya walaupun disamping itu mereka juga punya beberapa keseharian yang kurang baik (gak perlu contoh kan). Yah, tapi diluar itu semua sayang sekali kebanyakan dari mereka tidak dalam keadaan beriman, jadi ya... Semoga hidayah Allah segera datang ke negeri ini.. Aamiin.. :)

2 comments:

  1. Replies
    1. Yah mungkin ini salah satu sebab kenapa Jepang ini gak hancur-hancur meskipun bencana alamnya begitu banyak.. ;)

      Delete