Pathway to NTU

Jadi sebelumnya ane sama sekali belom tau tentang Nanyang Technological University, Singapore. Boro-boro dah, kuliah di luar negeri aja belom kepikiran. Tapi ternyata ada jalannya, alhamdulillah..

NTU

Waktu itu sekitar bulan agustus, pertama-tama masuk jadi anak kelas 3 di IC.. Tiba-tiba dateng 2 orang kakak kelas (alumni) yang ganteng kuliah di NTU.. Mereka itu Garda Yulada Assyuhur dan Mirza Muhammad Hanif. Ceritanya waktu itu mereka jadi agen promosinya NTU (gatau nih dibayar berapa mereka), dan mereka datang menyampaikan presentasi ajakan buat daftar NTU gitu.. Dan ane agak tertarik dikit.. Fotonya bagus-bagus sih, kolom daftar beasiswanya juga sampe 3 slide powerpoint, bikin pengen kesono..

Sebelumnya pernah ada juga sih tawaran workshop ke NTU, tiap tahun ada.. Tapi kondisi finansial gak mendukung jadi belom pernah ikut dh sampe sekarang. Hehe...

Sejak itu ane mulai penasaran nanya sana-sini tentang NTU ini.. Gimana daftarnya? Kapan? Ntar beasiswanya gimana? Hidup disono gimana? Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang membuncah memenuhi kepala ini #alah. Dan alhamdulillah ada Ibu Rini Kristiani, guru BK yang sangat banyak menolong ane yang gatau apaapa waktu itu, selain 2 orang tadi pastinya. Ada juga novel "After Orchard" karya Margareta Astaman yang ane gatau tujuan ditulisnya novel itu biar orang pada pengen masuk NTU atau sebaliknya. Buku yang ane temuin berceceran di asrama itu inti ceritanya pengalaman pribadi si penulis kuliah di NTU, jurusan Communication Studies.

After Orchard

Setelah itu jalan ane dan beberapa temen ke NTU bener-bener semakin terang dengan datengnya banyak professor dari beberapa fakultas di NTU silih berganti. Dateng juga bagian Admission (Pendaftaran)-nya pas sehari sebelum pendaftaran NTU dibuka. Sama terakhir profesor dari School of Physical and Mathematical Sciences (SPMS) beberapa hari sebelum pendaftaran ditutup, yang ternyata sangat berpengaruh ke piliha jurusan ane di pendaftaran NTU itu (lemah sekali pendiriannya). Jadilah ane daftar NTU dengan pilihan jurusan:

  1. Physics / Applied Physics (bener-bener terhasut)
  2. Electrical and Electronic Engineering
  3. Mechanical and Aerospace Engineering
  4. Information Engineering and Media
  5. Communication Studies
Dan alhamdulillah dengan nilai rapot yang pas-pasan ane lolos juga seleksi berkasnya. Dipanggil buat ikut tes tulis.. hoho~

Email panggilan tesnya nih

Dan dari situ muncul KIASU STUDY CLUB.. Semacam program khusus gitu belajar setingkat A-LEVEL, meskipun namanya ya gak gitu juga, setelah memohon-mohon Wakamad Kurikulum sampe Kepala Madrasah langsung.. Jadi kerjaan kita waktu itu mengejar pelajaran matematika A-LEVEL diajarin Pak Kastolan, eks Kepala Madrasah IC yang ditarik ke depag.. Jago banget dah beliau ASLI. Makasih Pak.. Sampe hari tes akhirnya tiba... Tercatat ada 18 anak IC ikut tes tulis NTU itu..

Kesan tentang tes:
Math : Gampang (aseeek), tapi gak teliti... Dari 4 nomer tercatat ada 2 poin yang SALAH TOTAL, ane langsung drop nih habis tes NTU gara-gara setres mikirin yang ini..
English : Kopong. Asli bingung banget ngerjainnya.. PASRAH..
Physics : Beda sendiri nih hari tesnya. NO COMMENT.. #disini ane tau bahwa A-LEVEL fisika bisa dipelajari pake buku "CLING, GAPAKE MIKIR" yang ane baca sebelom masuk tes.. #bukan itu sih judul bukunya, tapi sejenis lah..

Oke sejak waktu tes itu ane jadi gila sendiri memikirkan masa depan yang semakin mengawang.. ya kalo dibilang galau mungkin ya.. Tapi apa daya, udah tinggal doa yang bisa diusahakan... Semoga aja 18 siswa MAN Insan Cendekia Serpong beneran jadi eksodus ke NTU..

Dan hari pengumumanpun tiba... UWAAA.. #ane guling2 dulu nih pas mao buka email, kegalauan yang memuncak

email pengumuman

fuuhhh.. ALHAMDULILLAH... Meskipun dibalik ini banyak kekecewaan karena temen-temen ane seperjuangan g ada yang lolos, juga karena diantara banyak scholarship yang ditawarkan ane belom ada satupun yang tembus.. Jadilah ane jadi mahasiswa NTU yang berlumur hutang. Hehe... Tapi gapapa, inilah keputusan ALLAH.. Dan itu pasti yang terbaik.. :)

Kalo penasaran sama NTU, cek aja websitenya..

9 comments:

  1. loh? jadinya ngambil NTU ato ILA nya man?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Kita tunggu aja ntar..
      #bargaining :p

      Delete
  2. kterimanya jurusan appaa??

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum kak. Saya ingin skali masuk ntu. Tapi saya skrng sdh kuliah di politeknik. Kalau sya tau kan tdk ikut uee ya kak? Hnya ijasah sama ielts score kan? Atau endak? Trs kalau pakai ijasah un. Klu ijasah un nilainya ad yg anjlok 1 gmn ya kak pdahal yg lain bagus smua? Mohon bantuannya kak saya bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam, sepengetahuan saya semua yang ingin masuk NTU harus ikut UEE terlepas sudah kuliah atau belum. IELTS score tidak wajib, yang penting ijazah dan rapor, silakan saja dicoba. silakan cek: http://www.ntu.edu.sg/Pages/index.aspx

      Delete
  4. kak, belajar fisikanya dari mana kak kalau boleh tau? :) makasi kak

    ReplyDelete
  5. Hai kak, saya salah satu siswa sma dikota bandung.. Berhubung dikota bandung skrg kayaknya gaada les a level dan saya sekolah di sekolah negeri yg menggunakan kurikulum 2013,
    Saya ingin tahu apa judul asli buku fisika yg kakak tulis diatas supaya saya bisa belajar dari situ juga.. Dan kalau boleh saya minta saran kalau mau masuk ntu sebaiknya belajarnya berapa jam sehari kak? Hhehehe (:

    ReplyDelete
  6. kak, buat nilai rapor ada persyaratan minimumnya berapa gak ? makasih kak :D

    ReplyDelete
  7. kak, numpang nanya. Jika nilai UEE NTU kita ngak begitu tinggi tetapi juga ngak begitu rendah (mis: math 70-an), apakah ada peluang untuk keterima? Makasih kak

    ReplyDelete