TOHOKU UNIVERSITY INDONESIAN LEADERSHIP AWARDS


Well, mungkin dari sekian banyak universitas di Jepang yang paling terkenal ya TOKYO UNIVERSITY dan gak banyak yang kenal yang namanya TOHOKU UNIVERSITY (namanya mirip dikit lah). Nah TOHOKU UNIVERSITY ini kalo kata professornya, universitas IMPERIAL ke-3 di Jepang. *maksudnya apa*


Tokyo University, IMPERIAL UNIVERSITY #1

Jadi awalnya ane tau kalo ada yang namanya TOHOKU UNIVERSITY itu pas ada presentasi di sekolah ane, profesornya dateng gitu. Waktu itu yang dateng si professor jurusan Marine Biology, dan terang aja ane SAMA SEKALI GAK TERTARIK. Yah denger yang namanya biologi aja ane udah muntah, mencret-mencret gak keruan bayanginnya. Didikan buat menghitung emang udah mengakar di kepala ane, dan karena itu buat ngapal jadi susah banget. Jadilah ane yang sekarang yang gak begitu suka materi yang berbau-bau hapalan kayak biologi. Dan waktu itu bener-bener presentasinya itu Marine Biology banget. (kecewa) padahal ane udah punya sedikit ketertarikan buat kuliah di luar negeri kala itu.


Januari 2012, datanglah Pak Munasprianto Ramli dari Lembaga Nan-Unggul Indonesia - Surya Institute nawarin beasiswa buat ke Jepang, terbuka buat 3 universitas dan 9 jurusan yang dibagi ke dalam 2 stream sama LNI ini. Nama beasiswanya Indonesian Leadership Awards, dan ini tahun kedua mereka ngadain yang ginian. Dan inilah pilihan jurusannya (yang awal):

STREAM A
  1. Civil Engineering – Kyoto University
  2. Mechanical and Aerospace Engineering – Tohoku University
  3. Automotive Engineering – Nagoya University
  4. Mathematical Sciences – Nagoya University
  5. Physics / Applied Physics – Nagoya University


STREAM B
  1. Marine Biology – Tohoku University
  2. Molecular Chemistry – Tohoku University
  3. Biological Sciences – Nagoya University
  4. Applied Chemistry – Nagoya University


Pendaftarnya dibolehkan daftar sebanyak 2 pilihan di stream yang sama, dan udah jelas banget ane pasti ikutan stream yang A. Dan inilah pilihan ane:

Automotive Engineering – Nagoya University
Physics / Applied Physics – Nagoya University

WOW Nagoya semua...!!
Deadline awal pendaftarannya pertengahan Januari dan tesnya akhir Januari. Tapi ane g tau alasannya apa deadline itu diundur ke akhir februari dan ada jurusan yang ilang dari pilihan, pilihan akhirnya bisa diliat disini.
Dan karena yang ilang itu matematika dan pilihan pertama ane, jadilah ane ganti pilihan pertama jadi Mechanical and Aerospace Engineering – Tohoku University. Ini semata-mata karena ane pengen kuliah engineering.

Dan alhamdulillah ane lolos seleksi berkas bareng 39 anak IC yang laen. (gile banyak banget kan) dan lokasi tes sebagian besar dari kita itu di kampus MAN ICS (wow tuan rumah). Tesnya awal Maret, 2 hari sehabis pengumuman NTU. Sama kayak sebelom tes NTU, kita (anak IC) ngelingker dulu di depan ruang tes buat doa bersama, saling mendoakan biar bisa semua berangkat bareng ke Jepang dengan beasiswa ILA ini. Bismillah.

Tesnya Matematika, B. Inggris, Kimia, Fisika (STREAM A) / Biologi (B). Ane sih nothing to lose aja ngejain soal tes ini. Alhamdulillah beberapa hari sebelumnya ane udah tembus NTU kan. Heheh.. Malah beberapa temen bilang kalo ane ga usah ikut tes ini aja, udah tembus NTU juga. Nambah-nambahin saingan aja..

Hasil tes pertama keluar, nomer ane dan beberapa temen tembus. Alhamdulillah masih rejeki, lanjut tes kedua, simulasi IELTS sama INTERVIEW. Wih interview ini ane paling serem. Berkali-kali interview, ane g ada yang tembus (seleksi scholarship NTU interview semua). Ane udah agak minder aja nih. Coba cara baru, bikin contekan. Sebelom-sebelomnya ane bikin contekan poin-poin doang yang kirakira ditanyain. Tapi karena gagal mulu ane coba gaya baru, bikin contekan JAWABAN LENGKAP. Pertanyaannya sih kira-kira aja.. Dan alhamdulillah cara ini AMPUH dan nomer ane sekali lagi nongol di Pengumuman lolos tahap 2, bareng sama beberapa temen seperjuangan juga. Ada 8 total anak IC yang tembus terakhir ini, 1 di KYOTO, 4 di TOHOKU, 2 di NAGOYA dan 1 cadangan.

Inilah step yang terakhir, daftar ke university yang bersangkutan. Dan ada 1 syarat yang ane dan tementemen tadi belom punya. IELTS! Tesnya gak murah lagi, USD 195... Gila aja ini taruhan banget ga boleh gagal! Dan alhamdulillah ane dan teman teman (berenam, satu udah punya, yg cadangan g ikut) berhasil ngelewatin batas yang dibutuhin buat daftar. Dan kamipun daftar (kecuali si kyoto masih april 2013 dia, mau nikah dulu mungkin).

Kyoto University, masih taun depan masuknya

Sekali lagi syukur pada ALLAH, kami berenam berhasil lolos sekali lagi ke tahap tes selanjutnya di universitas masing2 (Tohoku dan Nagoya). Dan tes lagi, ane di Mechanical engineering dapet tes tulis sama interview. Yah ane pake strategi interview contekan lengkap kayak sebelomnya.

Alhamdulillah, akhirnya semua perjuangan g sia-sia, ane dan 4 orang temen akhirnya dapet beasiswa ILA ini di Tohoku bertiga dan Nagoya 2. Terima kasih ya ALLAH.

Tohoku University, Alhamdulillah

Nagoya University


6 comments:

  1. mau tanya dong. saya kan juga blm ada nilai TOEFL / IELTS nih..terus gmn? tp kalo les inggris sm native speakers udah, dan ud pernah simulasi ielts sblmnya. Makasih

    ReplyDelete
  2. mau tanya dong. saya kan juga blm ada nilai TOEFL / IELTS nih..terus gmn? tp kalo les inggris sm native speakers udah, dan ud pernah simulasi ielts sblmnya. Makasih

    ReplyDelete
  3. halo mau tanya seputar beasiswanya ini tes beasiswanya pake bahasa indonesia?
    mirip sama snmptn gitu?
    bahannya kelas SMA 1,2,3?
    persiapannya apa aja?
    yang dites math fis kim?
    thanks:)

    ReplyDelete
  4. ini mirip materi a-level juga? tau les buat a level gitu?
    soalnya esai/pg?
    waktu itu baca buku buat belajar apa? hehehe

    ReplyDelete
  5. Kak kalau di universitas tohoku itu ada jurusan FKM engga?

    ReplyDelete