Jangan Takut Urusan Perut!

Alhamdulillah udah setahun yang lalu ane mulai berkuliah di Tohokudai ini dan Alhamdulillah betah hehee. Biasanya yang dipikirkan pertama kali buat kuliah di luar negeri adalah masalah ekonomi. Gak perlu khawatir! Karena semua mahasiswa sarjana program Future Global Leadership di Tohokudai (selanjutnya G30, jangan tanya kenapa) ini dijamin mendapat beasiswa President Fellowship yang meng-cover Admission Fee aka biaya pendaftaran, Entrance Fee aka uang pangkal, sama Tuition Fee aka uang semester selama 4 taun. Jadi jangan kuatir, beranikan diri ikut tes, berangkatlah!

Jadi, semua mahasiswa program sarjana G30 di Tohokudai ini udah bebas uang pangkal, uang semester, dan bahkan uang pendaftaran yang dibayarkan sebelum mendaftar akan diganti dengan si President Fellowship ini. Skema pemberiannya President Fellowship itu reimburse. Jadi setelah kita masuk Tohokudai tiap awal semester rekening kita akan diisi oleh President Fellowship itu sebesar uang semester itu. Terus kira-kira sebulanan kemudian duitnya ditarik lagi sama Tohokudai buat bayar uang semester. Agak aneh ya hehee. Juga di awal masuk, rekening kita diisi oleh President Fellowship sebesar uang pangkal sama uang pendaftaran itu.

Selain beasiswa itu, kita juga bisa daftar yang namanya Tuition Fee Waiver. Jadi dengan adanya waiver ini, kita bisa dapet diskon sampe 100% untuk uang semesternya. Padahal kita kan dikasih duit dari President Fellowship buat bayar uang semester, tapi kita bisa minta diskon, jadi uang President Fellowship-nya ada bagian yang bisa ditabung hehee. Pengalaman ane sebagai penerima beasiswa Kemdikbud JPY 75,000 perbulan, ane daftar waiver dapet hehee alhamdulillah 50%. Ada temen penerima beasiswa JASSO yang JPY 48,000 perbulan, dia daftar waiver dan dapet 100%. Jadi uang President Fellowship bisa full dia tabung dah. Banyak lah jalan rejeki.

Lah terus living cost bagaimana buat biaya hidup disana? Buat angkatan ane, ada beberapa orang yang -mungkin berdasarkan hasil tes masuknya yang luar biasa- dapet beasiswa monbusho JPY 100,000 per bulan (selama setahun), tahun setelahnya bisa apply beasiswa JASSO JPY 48,000 per bulan. Dan selain beberapa orang terpilih itu ada ane dan beberapa orang dari Indonesia yang dapet beasiswa LNI-Kemdikbud yang seret-seret mampet JPY 75,000 per bulan, insyaAllah buat 4-tahun. Dan yang lainnya semua dapet beasiswa JASSO yang JPY 48,000 per bulan (buat yang apply, applynya cuma nyentang doang).  Langsung lah kalkulasi nyata biaya hidup di Sendai.

Field Trip yang diadain kampus

Selama ini ane tiap bulannya habis MAKSIMAL JPY 25,000 buat tempat tinggal + handphone. Tempat tinggalnya asrama Tohoku University House Sanjo, udah sama listrik, air, gas. Itu juga nyampe segitu cuma pas musim dingin aja, karena ane sering nyalain AC buat heater hehee wajarlah manusia tropis. Terus handphone, ane pake smartphone seharga JPY 1 tanpa cicilan bulanan dan tanpa paket internet. Jadi ya paling sebulan maksimal habis JPY 2,000 lah.

Terus buat biaya makan. Ini tergantung sih tiap orang beda-beda, ada yang jago banget masak jadi ngga pernah jajan, ada yang gabisa masak musti beli terus, ada juga yang gabisa masak dan jarang jajan juga #lah. Nah kayanya ane masuk yang terakhir sih. Jadi pake bumbu-bumbu instan gitu masaknya. Tinggal masukin daging sama sayur mayur, tambah nasi. Jreeng jadi deh tinggal makan hehee. Dan buat itu JPY 4,000 aja udah cukup kok seminggu, udah sama hedonnya makan sushi barbar atau tabehodai restoran india wkwk. Jadi ya misalnya sama hedon-hedonnya JPY 20,000 lah sebulan.

Makanan halal juga nggak susah kok nemuinnya. Di deket asrama sanjomachi kaikan, ada restoran halal sama toko serba halal punya muslim Bangladesh. Buat bahan2 yang meragukan, di awal-awal, lebih baik cari di tempat ini aja biar terjamin. Sampe nanti ketika udah bisa 'memilih'. Soalnya harga di toko halal ini agak lebih tinggi dari harga pasaran. Selain itu ayam halal biasa kita belanjanya di 'SATO' atau 'GYOUMU SUPA' kalo stoknya lagi ada yang halal hehee.

Terus satu lagi buat transport. Ini juga tergantung orangnya sih hehee. Kalo ane karena bawa motor 50cc, buat bensin kira-kira 500 2 minggu. Kalo lagi mobilitasnya tinggi ya bisa maksimal JPY 2,000 lah sebulan. Kalo kuat pake sepeda kemana-mana lebih bagus sih, sehat dan hemat. Kalo musim dingin agak sulit pake sepeda / motor. Jadi banyak yang beli kartu bis unlimited sebulan JPY 5,000 lumayan sekalian buat jalan ke tempat snowboard / ski yang jauh juga.

Jadi begitulah rinciannya kurang lebih. Belum juga itu dihitung dengan pendapatan baito (part-time) yang peluangnya terbuka lebar. Makin santai lah urusan ekonomi kan insyaAllah. Apalagi buat hidup di Sendai mah insyaAllah semua itu masih berlebih, asal nggak hedon MAX aja hidupnya hehee..

-Semoga tulisan ini bisa menggantikan kehadiran saya di ROADSHOW IAIC 2013-
-Tulisan kedua sekuel Ayo Kuliah di Luar Negeri, semoga membawa manfaat-
-kontak saya via Facebook disini-

1 comment:

  1. kak, nanya dong.. untuk daftar president fellowship untuk maba itu mekanismenya gimana ya kak?

    ReplyDelete