Siapkan Diri untuk Seleksi!

Kekhawatiran akan sulit kembali ke Indonesia itu emang bukan cuma kekhawatiran belaka sih sebenernya. Apalagi buat yang lulus SMA langsung lanjut di luar negeri. Kemungkinan besar kita ngga punya afiliasi kan di Indonesia-nya. Lain ceritanya kalo PNS atau dosen yang ditugaskan untuk menuntut ilmu lebih lanjut di luar negeri. Lantas bagaimana?

Buat para idealis yang ingin membangun negeri, toh membangun nggak selalu harus dari dalam kan? Dari luar sini kita juga Insya Allah akan bisa membangun negeri kita kok. Asalkan memang benar-benar idealis, bukan yang idealnya hanya di lisan. Banyak yang bisa dilakukan dari jauh. Buat yang nggak ingin tinggal berlama-lama di negeri kafir. Lakukan aja banyak hal produktif di negeri kafir ini. Insya Allah nanti negeri kita akan memanggil atas kontribusi kita itu. Toh kesuksesan tidak hanya bisa diraih di Indonesia kan?

IMAC-U angkatan 2011 dan 2012

Yosh, disini ane akan sedikit berbagi pengalaman tes masuk jurusan International Mechanical and Aerospace Engineering, program Future Global LeadershipTohoku University. Ane masuk dengan beasiswa living cost kerjasama Lembaga Nan-unggul Indonesia - Kemdikbud Indonesia. Buat beasiswanya itu ada tesnya sendiri, dan sepertinya ane nggak akan ceritakan. Beasiswa itu sekarang udah ngga dibuka lagi. Yang angkatan 2013 ini masuk program G30 Tohokudai ada yang mengikuti skema seleksi oleh LNI (skema yang sama dengan ane setahun sebelumnya), tapi ngga menerima beasiswa living cost yang disponsori LNI. Malah mereka menerima MEXT atau JASSO. Lantas?

Pertama, sering-sering aja periksa website pendaftaran Tohokudai. Pendaftaran biasanya dibuka mulai oktober sampe mei. Ada dua hal yang harus dipenuhi dulu sebelum mulai daftar:

  1. Standarized Test Result, ini kalo mau buru-buru daftar ya berarti musti ambil SAT atau IB atau A-Level sendiri sih. Tapi kalo mau sedikit menunggu dan bersiap-siap, bisa masukin nilai hasil ujian nasional kok. Buat jurusan ane, hasil yang dibutuhkan matematika, fisika, sama kimia.
  2. English Proficiency, yang ini bisa ambil TOEFL atau IELTS.

Nah, setelah punya 2 itu silakan daftarkan diri secara online di website pendaftaran Tohokudai.

Program Engineering ini tesnya dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama ujian tertulis, dan sesi kedua wawancara dengan sensei yang datang ke Indonesia. Keduanya diselesaikan di hari yang sama. Untuk ujian tertulis, akan diberikan waktu sekitar 1 atau 2 jam (ane lupa hehee), wawancara sekitar 15 menitan. Alhamdullah waktu itu sebelum tes ane udah dapet sedikit gambaran soal tes tertulisnya dari sensei yang ane kenal. Beliau mengirimkan ane soal tes tertulis tahun 2011, meskipun sedikit berbeda sama yang beneran keluar di tesnya. Langsung ane bahas tes tertulisnya.

Soal pertama tes tertulis, agak aneh sih menurut ane. Di soal ini kita diminta buat menulis minimal sebanyak 300 kata tentang tema yang diberikan. Pas jaman ane, temanya: mesin apa yang paling kamu sukai dan kenapa suka mesin itu. Ane nggak merasa ngerjain sampe 300 kata sih, soalnya lumayan menghabiskan waktu sih. Mending waktunya dialokasikan buat ngerjain soal yang lainnya.

Soal kedua, ketiga, dan keempat setipe sih. soalnya fisika mekanika gitu. Alhamdulillah pas jaman SMA ane pernah gabung tim olimpiade fisika. Menurut ane tiga soal ini selevel dengan soal olimpiade fisika SMA tingkat kabupaten. Soalnya nggak terlalu rumit yang butuh kalkulus tingkat dewa gitu. Tapi tetep butuh konsep dan analisis yang mendalam. Dua dari 3 soal ini ane pernah jumpai di buku "Mekanika 1"-nya Pak Yohanes Surya kayanya deh, atau mungkin soal pelatihan olimpiade yang lain hehee pokoknya ane merasa pernah ngerjain soalnya lah. Nah yang satunya bener-bener baru buat ane. Ya lumayanlah.

Soal nomer lima ini beranak pinak. Anaknya ada 4. Ini soal matematika. Alhamdulillah dari awal kelas 3 ane udah mendalami matematika diatas batas normal pelajaran SMA karena emang dari awal ane mentargetkan buat melanjutkan sarjana ke luar negeri. Menurut ane soal-soal ini setingkat materi A-level, diatas materi soal-soal ujian nasional dan SNMPTN. Soalnya beranak empat, ada kalkulus, suruh bikin grafik pertidaksamaan, tapi ngga ada soal-soal tipe probabilitas atau statistik kok. Nah, nomer ini ane gak selesai karena waktunya habis.

Begitulah tes tertulisnya. Terus dilanjutkan wawancara. Nah ane wawancara ini takut banget pas itu. Ane dihantui kegagalan 2 kali berturut-turut yang ane alami di 2 wawancara sebelumnya. Dengan modal 2 kegagalan itulah ane masuk menghadapi sensei dengan sok tenang dan sok percaya diri hehee. Ditanya, kenapa pengen ke jepang, udah keterima di mana aja, terus kalo tohokunya tembus mau ambil yang mana, terus ditanya apa yang kamu sukai dari 'jepang', ane jawabnya serius gitu eh senseinya malah ketawa, ternyata maksudnya itu yang sejenis manga atau apalah hahaa. Ditanya hobi juga, sama ditanya soal tesnya tadi gimana, ternyata emang soalnya diset supaya waktunya ga cukup kecuali kalo emang dewa wkwk.

Buat wawancara ini, berkaca pada 2 kegagalan sebelumnya, ane bikin teks LENGKAP apa yang akan ane jawab kalo ditanyain ini-itu. Ternyata Alhamdulillah berguna sih buat nambah kepercayaan diri ketika ane jawab pertanyaan-pertanyaan wawancara. Emang dasarnya kurang pandai berbahasa dan berbicara ya beginilah jadinya hehee. Tapi cotekannya tetep sesuai kenyataan dan apa adanya lah, cuma buat meningkatkan kepercayaan diri aja kan udah tau apa yang akan dibicarakan. Meskipun temen ane ada yang melecehkan dengan bilang, "Yaelah wawancara mah ngapain di-skenario-in, mending natural, alami, mengalir." Tapi ane beda, ane ngga suka yang mengalir, bukankah aliran itu menuju tempat yang rendah? Lebih baik berusaha kan, untuk mencapai ketinggian, kita butuh usaha untuk melawan tarikan kebawah kan?

Begitulah, lantas persiapan seperti apakah yang dibutuhkan?
Dari awal masuk kelas 3, ane sebenernya drop berat gara-gara gagal tembus OSN. Ane beneran kehilangan arah lah. Alhamdulillah ada orang tua dan temen-temen ane. Jadi dari situ ane berpikir kalo harus punya target lebih lagi. Dan ane langsung mulai nyoba meng-khatam-kan buku latihan soal matematika A-Level yang ada di perpustakaan IC, sambil berlomba-lomba sama seorang temen yang jago banget matematika tapi gagal tembus OSN juga hahaa. Karena emang materi tes buat kuliah ke luar negeri levelnya rata-rata diatas level anak SMA biasa di dalam negeri. Dan supaya ane belajarnya cepat, ane memacu diri dengan memaksa melampaui si anak yang paling jago matematika itu hehee.

Dari awal itu juga ane mulai  nyoba meng-khatam-kan buku latihan soal fisika A-Level yang ada di perpustakaan IC. Yang ini ane coba ngerjakan di setiap keheningan petang hari (alah). Sama di akhir-akhir ane baru nyoba buat sering-sering simulasi tes IELTS. Meskipun waktu itu bahan simulasinya didapat secara agak ilegal sih hehee.

Lalu tips selanjutnya, beranilah mencoba. Ane mengikuti 3 kali wawancara selama ikhtiar buat kuliah di luar negeri ini. Dan 2 yang pertama gagal. Yang terakhir baru berhasil. Gimana jadinya kalo ane ngga berani mencoba? Beranilah mencoba, daftar aja kemana-mana. Yang paling terbuka di IC sih NUS, NTU, Tohokudai, Meidai, Kyodai, cobain aja semuanya. Kalo gagal, tetep aja dapet pengalamannya kan buat tes selanjutnya. :)

-Semoga tulisan ini bisa menggantikan kehadiran saya di ROADSHOW IAIC 2013-
-Tulisan ketiga sekuel Ayo Kuliah di Luar Negeri, semoga membawa manfaat-
-kontak saya via Facebook disini-

5 comments:

  1. Mas, saya sedang appy di Tohoku juga untuk yang global 30. Untuk biaya pendaftarannya itu berapa yen ya mas? Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga dipungut biaya pendaftaran kok buat tahun ini..

      Delete
    2. mas, saya boleh minta alamat email? saya ingin tanya2 lebih jauh.. makasih :)

      Delete
    3. silakan kontak saya via fesbuk, linknya ada di akhir postingan di atas..

      Delete
  2. Mas,,punya gk contoh2 untuk masuk s2 di universitas jepang? boleh di share gk mas??

    ReplyDelete