Mosque/Moschee in Chemnitz

Kami sebagai orang Islam yang punya kewajiban untuk ibadah sholat 5 kali sehari, kebutuhan Masjid tentu tidak bisa dilepaskan dari rutinitas keseharian. Terutama untuk laki-laki. Keberadaan Masjid menempatkan sisi yang lain di hati orang Islam. Selalu nyaman ada di rumah Allah ini. Apalagi kalau dalam perjalanan jauh, yang dicari selain tempat tujuan ya pasti Masjid. Bisa ibadah sekaligus bisa melepaskan penat barang sejenak. Nah, buat orang Islam yang mau dan mungkin ada rencana berkunjung ke Chemnitz, pembahasan kali ini berkaitan dengan Masjid yang ada di Chemnitz, Jerman Timur. Sejauh ini yang kami tau ada 3 Masjid. Diantaranya Masjid kampus TU Chemnitz, Masjid Arab, dan Masjid Turki. Sebetulnya nama Masjid itu Cuma sebutan kami-kami aja yang disini. Berikut lengkapnya..

1. Masjid kampus TU (Technische Universitat) Chemnitz

Alhamdulillah, bagi mahasiswa baru TU Chemnitz, ga perlu bingung cari lokasi Masjid. Lokasinya ada di Reichenhainer Straße 51. Ukuran Masjid nya ga terlalu besar, tapi biasa dilaksanain sholat jum’at 2 sesi disini. Catatan buat yang perempuan, di Masjid ini ga bisa dipakai buat ibu-ibu ya. Laki-laki aja yang bisa pakai sholat disini. Berikut penampakan Masjid kampus TU Chemnitz :

Pintu depan Masjid
Dalam Masjid


2. Masjid Arab

Seperti sebutannya, Masjid ini sepertinya dibangun atas kontribusi warga asli Arab. Lokasi nya ada di Solbrigstraße 22, 09120 Chemnitz, Jerman. Saat kami pergi kesana, karena milih untuk jalan kaki daripada naik tram (alias takut nyasar kalau naik tram), makanya kami telat jamaah sholat dzhur. Alhasil pas masuk Masjid, kami cuma ketemu sama satu orang laki-laki kebangsaan Arab disana dan beliau ga bisa bahasa inggris. Dari hasil ngobrol singkat dengan bahasa yang seadanya, kami ditunjukkin ada ruangan khusus perempuan untuk sholat dan juga kamar mandi. 

Dari pengalaman jalan kaki kesana, lokasi Masjid nya agak susah di temuin karena masuk ke dalam kompleks perumahan. Masjid nya agak memojok dan tulisan penanda Masjid nya kecil di pintu bawah sedangkan ruangan sholatnya ada di lantai 3. Buat yang baru pertama kali datang kesini mungkin agak kesulitan karena tidak disediakan penunjuk arah setelah masuk dari pintu. Oh iya, ada pintu depan dan belakang di lantai bawah nya. Pintu depan dikunci dan mesti memasukkan beberapa kode pin. Sedangkan pintu belakangnya sepertinya selalu dibuka. Nah ini juga tau nya pas udah masuk dari pintu depan dan dari hasil telfon kesana kemari nanya kode pin Masjid Arab. So, kalau belum tau kode nya coba aja puterin bangunan, InsyaaAllah pintu belakang dibuka. Hehe. 
Berikut penampakan Masjid Arab :

Pintu Masjid Arab
Dalam Masjid Arab

3. Masjid Turki 

Masih fresh kami cari Masjid ini akhir pekan lalu, letaknya ternyata lebih dekat daripada ke Masjid Arab. Kali ini juga jalan kaki, sambil olahraga niatnya. Hehe. Lokasinya ada di Zieschestraße 11, 09111 Chemnitz, Jerman. Kalau searching di google maps, nama masjid ini Chemnitz Mosque. Letak Masjidnya juga mudah dicari karena ada di pinggir jalan besar dan juga ada bendera Turki dan Jerman di atas pintu masuk. Jadinya sekali diliat, udah yakin ini Masjid Turki. Enak nya di Masjid ini ada informasi tertulis di dinding ruangan apa aja yang ada di lantai 0 sampai 3 kalau ga salah inget. Lantai paling bawah untuk tempat wudhu laki-laki. Lantai diatasnya untuk sholat bagi laki-laki dan perempuan terpisah. Disamping persis Masjid ada toko bahan makanan Turki juga. Semua yang dijual didalemnya dari daging, beras, kacang, kurma bahkan jelly Haribo yang kebanyakan ga halal, disini insyaaAllah halal semua. 

Satu catetan setelah ikutan sholat di Masjid ini. Suara adzan Alhamdulillah terdengar ke semua ruangan yang ada di Masjid. Tapi sayangnya pas sholat jamaah, suara imam nya ga di loud speaker sampai ke ruangan perempuan. Waktu mau sholat dzhur, di samping saya ada ibu-ibu Turki yang juga lagi tilawah sambil nunggu adzan sepertinya.. setelah adzan, saya sunnah sebentar kemudian nunggu suara imam sambil liat-liat sekeliling sambil liat ibu-ibu satu ini sih. Beliau setelah tilawah, langsung sholat 4 rakaat. Kemudian berdiri lagi dan sholat lagi. Loh saya jadi bingung, ini ada jamaah ga ya? Ternyata pas laki-laki udah selesai jamaah, saya baru tau kalau ternyata suara imamnya ga sampai ruangan saya. Jadi ini aja sih catetannya, kalau udah tau begini, bisa langsung sholat wajib nya aja buat yang perempuan. :)
Berikut penampakan Masjid Turki :

Pintu Masjid Turki

Ruang sholat perempuan


Sekian review kami mengenai 3 Masjid yang ada di Chemnitz. Ketiga alamat yang tertera bisa di googling ya. Semoga bermanfaat. ^^

No comments:

Post a Comment