Indonesia BISA Melampaui Jepang

Setelah setengah tahun ane tinggal di Negeri Sakura ini, dengan pengalaman ane disini yang bisa dibilang cukup buat orang yang tinggal selama 6 bulan, ane jadi paham salah satu alasan kenapa Jepang ini bisa sebegini maju dibandingkan Indonesia. Walaupun kalo ane ngobrol sama orang Jepang, ane salut banget karena mereka selalu merendah, padahal bangsa mereka begitu digdaya. Pun sensei sejarah di kelas, selalu memuji negara2 yang disebutkannya. Bos arubaito (part-time) ane juga sering memuji2 Indonesia. Padahal mah ... Jadi kedigdayaan Jepang ini bener2 didapat dari prestasi dan reputasi, bukan karena omong besar bangsanya.

Arubaito di kleenex RAKUTEN EAGLES' stadium

Kenapa Jepang bisa sebegini maju? Padahal sedikit sekali sumber daya yang mereka punya. Minyak bumi? Mana ada di Jepang~ di Indonesia mah banyak banget melimpah. Kelapa sawit? Macam mana pula pohon kelapa sawit bisa tumbuh di Jepang. Ditambah lagi Jepang punya 4 musim, yang menurut orang Jepang sendiri 4 musim itu lebih menyulitkan dari 2 musim (negara2 tropis). Lalu apa yang membuat Jepang ini maju? Barang-barang, mereka hanya mengimpor dari negara2 'kaya' seperti Indonesia. Harga barang2 mahal disini. Tidak disubsidi seperti di Indonesia.

Nah! Salah satu kunci kesuksesan Jepang adalah pada proses TRANSFER ILMU-nya. Kenapa ane bilang begini? Coba saja datang berkunjung ke perpustakaan2 di Jepang. Hampir semua buku2 bermutu sudah diterjemahkan ke bahasa Jepang. Dan proses itu sangat cepat, dan tidak sebaliknya. Buku2 Jepang tidak mudah ditemui dengan bahasa lain. Luar biasa sekali, dalam kurun waktu kurang dari setahun setelah penerbitan buku2 berbahasa asing, biasanya terjemahan Jepang buku2 tersebut sudah beredar. Cepat sekali! Dan tidak perlu dibandingkan dengan negeri kita pun kita sendiri sudah paham kan? Buku terbitan tahun berapakah yang dijadikan referensi mahasiswa-mahasiswa di Jakarta, Bandung dan Jogjakarta sana?

Bolehlah mereka tidak memiliki sumber daya. Tapi mereka mengerti betul cara mengoptimalkan sumber daya yang bahkan di negeri mereka sendiri tidak ada. Mudah saja bagi mereka mengkadali negeri 'kaya' yang 'kurang pintar'. Buat apa si negeri 'kaya' ini punya banyak SDA kalau tidak paham mau diapakan SDA sebanyak itu?

Mahasiswa Indonesia exchange ke Tohokudai. Bahagia sekali.

Makanya tuntutlah ilmu. Jangan melulu urusan birokrasi dinomorsatukan. Beasiswa kok kepentok birokrasi? *ups* Terus juga kuasai banyak bahasa.. *kalo yang ini ane belom juga neh hehee* Dan kalo udah bisa banyak bahasa, gunakan kelebihanmu buat membantu orang Indonesia yang lain. Terjemahkanlah buku2 bagus itu atau apapunlah yang bermanfaat bagi bangsa.

Mari-mari! Indonesia BISA kok melampaui Jepang..! Kita punya SDA yang mereka gak punya..!

1 comment:

  1. Wah wah yang di paragraf terakhir :v

    Gue juga ada rencana nulis sedikit tentang topik yang mirip dalam waktu dekat. Tapi kupasannya dari sudut pandang yang agak beda.

    Mantap lah tulisannya, lanjut gan!

    ReplyDelete