Yaa Allah, Terima Kasih.... :" (Part 2)

Satu kebiasaan baru yang seru menurut saya selama awal-awal di Sendai adalah bawa sejadah di dalam tas. Sewaktu pergi ke kota misalnya dan masuk waktu sholat, kami cari spot tempat yang agak sepi untuk beberapa menit sholat ditempat. Lalu lanjutin lagi urusan kepergiannya. Pertama kali saya liat suami nyantai banget ngajak sholat di samping restoran. Memang agak mojok sih tempatnya. Tapi dibelakang dan samping tempat itu, pejalan kaki bisa sangat mudah liat kita ibadah. Liat yang berhijab juga jarang bangeet. Sekali liat di stasiun, rasanya kegirangan sendiri. Senyum-senyum sendiri. Ini asli, girangnya ngeliat sesama muslimah di jalan lebih besar dari rasa girangnya saya waktu pertama kali mendarat di Jepang. Ya Allah… begini ternyata rasanya tinggal di negara minoritas. Oh iya, mungkin karena saya pendatang baru, jadi peka aja kalau ada yang ngeliatin pas lagi jalan. Berasa… artis (?) *lah. Haha. Tapi setelah tinggal di Jerman nanti, ternyata ujian jadi orang minoritas di Sendai belum ada apa-apanya lebih dari di Jerman.

Saya punya waktu kurang lebih sebulan untuk dapet visa ke Jerman. Rasa-rasanya ga mungkin karena sewaktu masa-masa persiapan menikah udah sempet telpon kedutaan Jerman, cari-cari info dan hasilnya makan banyak waktu berbulan-bulan. Orang tua juga udah nyari tau gimana cari cara cepetnya. Pergi ke Jepang pun, buat saya ada kemungkinan untuk pulang lagi ke Indo dan LDR-an dengan suami yang visa Jermannya sudah jelas bisa selesai sebelum keberangkatan. Bismillah… usaha dari berhubungan dengan pihak kedutaan Jerman di Jepang berbuah hasil. Berkat doa dari orang tua kami pastinya, Allah mempermudah prosesnya. Alhamdulillah H-sekian hari keberangkatan visa saya keluar dari kedutaan Jerman di Jepang. Ga nyangka sebenernya. Makin percaya, rezeki kita gakan ketuker sama orang lain kalau Allah udah garisiinnya begitu. Pun kalau saya balik dulu ke Indo sambil urus visa disana, ga masalah. Allah tau yang terbaik. Percaya aja sama Allah..

31 Januari 2017, pertama kalinya injek kaki di tanah Eropa. Di kota Chemnitz, Jerman tepatnya. Jadi inget, waktu kami persiapan kesini, Abi di depok kirim berita via Whatsapp bahwa Eropa sedang musim dingin ekstrim. Saking dinginnya sampai-sampai ada hewan Berang yang mati kedinginan. Duh, makin aja pikirannya udah yang ngga-ngga. Segitu dinginnya kah? Saat itu kami datang disambut salju lebat. Langit putih bersih. Di jalan salju bisa setinggi 5cm lebih. Bersyukurnya lagi adalah ternyata suhunya ga sedingin di Sendai walaupun temperaturnya lebih rendah. Pernah waktu itu 2 derajat di Chemnitz, rasanya kayak 9 derajat di Sendai mungkin. Kalau kata suami karena di Chemnitz udaranya lebih lembap, sedangkan di Sendai lebih kering. Ini dia, tiba-tiba saya sadar.. bahwa Allah tau saya belum kuat suhu dingin makanya dikirim dulu di Sendai. Ngerasain kerasnya suhu dingin yang nusuk kulit. Di Chemnitz malah kulit kering-kering sembuh total. MasyaaAllah..

Lingkungan sekitar Asrama di Chemnitz

Ada hal lain yang buat saya cukup merasa terintimidasi saat baru sampai di Jerman yaitu tatapan orang-orang di sepanjang kami datang sampai saat ini.. (?) Sewaktu di bandara, saat mau passport control, bapak-bapak yang nge-cek saya dan suami lamaaaaaa banget nge lolosinnya. Raut wajahnya udah deh, rasanya kayak kami punya catatan criminal. Kami diem aja, banyak dzkir.. agak mikir kalau tau-tau kami berdua ga diizinin masuk atau ga lolos cek paspor gimana. Alhamdulillah atas izin Allah saya lolos duluan, dan suami menyusul karena mesti nunjukkin dokumen terkait urusannya di Chemnitz . Baru aja masuk ‘gerbang pertama’ di Eropa. Perasaan masih harap-harap cemas gimana nanti tinggal disini berbulan-bulan? Belum cukup disitu, pas keluar dari area bagasi, ternyata lebih banyak lagi pasang mata yang ngeliat kami agak aneh. Saya makin banyak diam. Mau cepat-cepat ke tempat istirahat, padahal posisi saat itu ga mungkin kami cepet-cepet pergi karena gatau mesti pergi kemana dan arah mana. No wifi connection yang kami temuin saat itu. Yang tadinya janjian sama Mba2 Indo, gatau lagi mesti kontak via apa.. kebayang kah seberapa sepi & mininya bandara ini? Hehe. Pas itu, waktu sholat dzhur udah masuk. Mau keluar bandara, gatau mau pergi kearah mana. Alhasil kami sholat di bandara. Dimana? Di chapel (tempat ibadah ummat kristiani) yang disediain bandara mini ini. Karena kosong, kami masuk untuk sholat sekalian bawa koper2 supaya aman. Alhamdulillah gada yang cegah atau ngusir pas lagi sholat.. :)

Cukup banyak yang kami alami sampai akhirnya bisa tinggal di asrama kampus. Semua itu ga lain karena banyaknya bantuan dari orang-orang Indonesia yang sedang study di wilayah Chemnitz. Kalau di flashback kejadian setelah sholat di bandara itu, ga sengaja akhirnya ketemu Mba2 Indo yang ternyata udah nungguin & khawatir sama kami, naik tram sambil bawa 4 koper ini, ngobrolin soal permasalahan pengungsi yang ternyata (mungkin salah satunya) ngebuat warga Chemnitz ga suka dengan yang berhijab, dorong-dorong koper ditengah-tengah timbunan salju di sore hari yang udah gelap, urus registrasi residence, dan banyak hal lainnya. Allah tetep Maha Baik. Dia mau kami lebih kuat untuk hadepin kehidupan setelah ini dengan berbagai ujian baru. Tinggal bagaimana kita lihat dari katacama hikmahnya, bahwa semuanya terjadi pasti karena ada sesuatu. Pesan. Entah besok atau tahun depan kami akan lalui scenario hidup yang seperti apa. Kami sadar, yang paling patut di sandarkan cuma ke Allah aja. He is The Best Planner, indeed.. 

No comments:

Post a Comment