Yaa Allah, Terima Kasih.... :" (Part 1)

Manusia umumnya banyak menyerencanakan hidupnya dalam garis yang ideal. Mau berkarir nya disini. Planning nikah tahun sekian. Punya barang impian tahun ini dan banyak lagi. Ga salah, toh namanya juga rencana. Ya semaunya di impiin, kemudian direalisasikan lewat usaha-usaha. Tapi nih ya, ga jarang juga planning yang udah ketulis ternyata ga sesuai garisnya dan garis-Nya. Ujung-ujungnya ga kesampean. Pas di telisik bukan karena kita nya yang kurang giat usaha, tapi ternyata ada rencana-Nya yang jauh lebih baik. Belajar dari diri sendiri… sewaktu SMA punya impian keliling dunia. Banyak negara ikutan ditulis di mading kamar kala itu. Jepang, korea, Mekkah, sampai New Zealand juga ditulis. Tiap liat mading di kamar, hati udah nerawang kalau emang kaki ini bisa napak di negara-negara tersebut.
Sewaktu kuliah, niat dan mimpi bisa keluar negeri makin kuat. Mau tinggal diluar negeri dan ‘ngisi’ pengajian TKW atau Tenaga Kerja Wanita diluar negeri. Ngimpiin aja dulu, padahal ga punya gambaran apa-apa soal kondisi TKW atau Trainee diluar selain yang saya tau dari berita di TV. Tapi saya sangat sadari kalau saya ga banyak usaha untuk ngejar itu. Banyak berkutat di organisasi kampus yang akhirnya menimbun impian-impian itu dalam tumpukan-tumpukan deadline lain yang ga kunjung selesai. Dan sampai ada di satu titik. Saya gamau muluk-muluk. Salah banget sih ini kalau dipikir-pikir. Gada yang salah dari menggariskan impian setinggi langit atau seluas samudra. Wong yang punya langit dan samudra itu Allah. Jadi ngarep aja sama Yang Punya.

Satu bulan setelah wisuda S1 saya bulan November 2016. Saya menikah di bulan Desember 2016. 6 hari setelah pernikahan langsung dibawa ke Sendai, Jepang. Sebulan setelahnya diajak ke Chemnitz, Jerman. There must be something! Impian-impian itu ternyata ga tertimbun. Kalau udah di lafadzkan di penghujung doa. Mereka kemudian melangit dan menggantung disana. Semuanya didengar sama Sang Pemilik Hati. Allah tau banget saya ‘pernah’ mau ngerasain tinggal di luar negeri. Bab-bab hidup setelah menikah ini yang kemudian saya sangat sadari bahwa Allah adalah yang paling tau kelemahan saya kemudian membuat sebaik-baik rencana.
Alhamdulillah tanggal 2 Januari, saya lihat langsung wujud negeri sakura. MasyaaAllah, bukannya saya ngerasa sangat sangat sangat antusias. Tapi sampai saya ada di Jepang waktu itu, hati saya kalem-kalem aja. Berasa ga diluar negeri. Tenang… banyak diem ngeliatin perubahan kondisi yang saya liat antara Indonesia dan Jepang. Intinya, saya banyak belajar & observasi. Mungkin karena niat awal dateng ke Jepang bukan liburan tapi menetap, jadi kaki ga jingkrak-jingkarakan dan mulut ga menganga liat indahnya dan damainya negara satu ini.. hehehe (ga gitu juga ya saking senengnya) Alhamdulillah wa syukurillah, dari kondisi hati & mental yang begitu santainya. Deadline buat residence card, visa dll untuk ke Jerman sebulan setelahnya ga diganggu sama luapan hati yang ga sabar untuk jalan-jalan di Jepang. Bahasa lainnya sih honeymoon *ehem. Saat itu di Sendai dingin pake ‘banget’. Apa kulit saya yang tropis banget ya. Kulit pada ngering dan luka-luka. Disatu sisi bersyukur banget bisa liat salju pertama kalinya. Disisi lainnya saya mesti sabaaar banget buat ngelawan suhu sedingin itu dengan kulit yang pecah-pecah.

Pemandangan dari balkon apato.
Satu kebiasaan baru yang seru menurut saya selama awal-awal di Sendai adalah... (PART 2)

No comments:

Post a Comment