[FOOD RECIPE] Nasi Kebuli

Nasi Kebuli adalah masakan yang populer di kalangan warga Betawi dan warga keturunan Arab di Indonesia. Nasi ini mirip dengan Nasi Biryani. Saya sendiri sudah sangat familiar sama nasi ini karena memang dari keluarga Betawi dan ada sedikit keturunan Arab. Nenek saya selalu buat Nasi Kebuli di beberapa perayaan. Salah satunya baru saya tau waktu akhir tahun 2016 lalu yaitu sebagai bentuk penerimaan untuk calon keluarga baru (baca: besan). Jadi keluarga saya buat Nasi Kebuli untuk diberikan ke keluarga suami sebagai tanda diterimanya mereka. Nah temannya Nasi Kebuli ini, biasanya daging semur. Tapi untuk saya yang baru berkeluarga dan belum biasa masak daging, (bisa masak kebuli aja baru-baru ini hehe) biasanya mengganti daging jadi ayam kecap.

Ayam Kecap & Nasi Kebuli
Untuk saya yang terbiasa dan cukup mudah untuk makan Nasi Kebuli, dan sekarang dihadapi dengan tempat tinggal yang jauh dari keluarga. Sedikit banyak buat saya kangen banget makan nasi ini. Alhamdulillah suami dapat rezeki pulang ke Indonesia beberapa bulan lalu dan Nenek saya titip bumbu kebuli buat saya racik sendiri ini. Yaa… walaupun saya sangat yakin rasanya jauh dari buatan Nenek saya. Akhirnya saya nemuin sendiri resep simple tapi enak buat dibikin sendiri dirumah. Bukan nemuin sendiri sih, aslinya Nenek kasih resepnya.. dan setelah beberapa kali buat sendiri dan masak buat banyak orang, ada tambahan keterangan resep buat dicatet banget. Ini nih resepnya :

Bahan-bahan :
(Untuk porsi 3 org/ 1x masak di rice cooker kecil atau di panci)

1. Beras arab 1 liter atau beras biasa juga bisa 
   (lebih bagus yang bentuk nasinya nanti ga terlalu pulen)
2. Bawang putih 3 siung, iris biasa. 
3. Bawang Bombay 1 siung, iris biasa. (bawang2-an saya iris agak tebal)
4. Susu murni ½ gelas (150-200ml)
5. Bumbu kebuli 1 sendok makan.
6. Tomat 1 buah, iris biasa.
7. Kambing ¼ Kg, atau Ayam ½ Kg. 
8. Garam secukupnya. (sekitar 1 ¼ sendok makan)
9. Gula secukupnya. (sekitar ¾ sendok makan)
10. Jintan 3 butir
11. Air kaldu (air rebusan daging kambing atau ayam. Lebih enak kalau air kaldunya udah dikasih garam, merica, bubuk bawang putih).

Cara pembuatan :
1. Rebus daging kambing atau ayam. Setelah matang, daging dipisahkan dari kaldu.
2. Kaldu air rebusan dikasih garam, bubuk bawang putih, merica. Dicicip hingga rasanya sudah enak. 
3. Cuci beras (sudah dalam tempat rice cooker).
4. Tuang susu ½ gelas ke beras.
5. Tuang kaldu hingga takaran airnya seperti untuk masak nasi biasa. (saya 1 ruas jari telunjuk dari permukaan beras).
6. Cemplungin bumbu kebuli, bawang putih, bawang bombay, tomat, garam, gula, jintan. Aduk semua.
7. Taruh daging kambing/ayam diatas beras.
8. Nyalakan rice cooker.
9. Setelah matang, aduk semua nasi hingga dasar rice cooker dengan butter atau mentega. (lebih enak pakai minyak samin).
10. Disajikan ke piring.

Nasi Kebuli (takaran 6 liter beras)

Kalau bisa bahan-bahan tadi lengkap ya. Waktu itu pernah bikin Nasi Kebuli tanpa tomat. Gataunya rasanya beda dari yang biasanya. Padahal mah tomat asem ya.. tapi itulah kalau gada tomat berasa ga lengkap rasanya hehe. Tapi silahkan aja kalau mau disesuaikan sama lidah masing-masing. Trus mesti banget diaduk sama mentega? Iya, biar lebih gurih rasanya. Kalau mau buat dengan porsi orang yang lebih banyak, bisa langsung dikali aja ya. Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment